Dear Readers...

Dear Readers...
Sebelumnya makasih banyak-banyak buat semua yang udah sempetin mampir ke blog ini,, sebenernya entah apakah blog ini bisa berguna atau ngga buat teman-teman semua atau ngga,, soalnya yang saya tulis disini cuma sekedar apa-apa yang saya pikirin dan rasain,, :) Blog ini pun sebenarnya kelanjutan dari blog saya sebelumnya yang ini -- click >>> blog.

selamat membaca.. semoga berguna yaa,, ^_^ dan terima kasih..

Rabu, 02 Maret 2016

Hoax dan Tidaknya Informasi Pemutihan Peningkatan Hak Guna Bangunan ke Sertifikat Hak Milik (HGB ke SHM)

Beberapa waktu lalu, saya sempat mendapatkan broadcast message dari beberapa group Whatsapp yang saya miliki. Isinya cukup membuat saya akhirnya coba mem-forward isi WA tersebut. menurut saya ini merupakan info yang bagus dan perlu disebarluaskan, ditambah lokasi kerja saya yang kebetulan di area Depok.. Isi WA nya adalah:

Bpk/ Ibu, untuk yg punya rumah di kota Depok yang sertifikatnya masih HGB, sekarang ini ada pemutihan, dari sertifikat HGB menjadi SHM hanya dgn biaya Rp 60.000 saja.
Silahkan datang ke BPN Depok, bawa copy KTP, KK, PBB asli 3thn terakhir dan copynya. Beli map disana 10.000 + bayar biayanya di loket sebesar 50.000.
Hanya dlm waktu 5 hari kerja, SHGB sdh menjadi SHM
Naahh lumayan kaann,,, :D tapi alih-alih memberi informasi, ternyata teman2 yang saya broadcast malah menanyakan kebenaran informasi itu.. Wadduuh,, harus bertanggung jawab ini pikir saya..

Banyaknya beberapa pertanyaan yang muncul membuat saya juga ikut penasaran, apa bener? apa iya? masa sih? Akhirnya, saya pun mencoba menghubungi Kantor BPN Depok dimaksud. Saya sendiri lupa nama Bapak yang menerima telepon saya, namun yang pasti nomor kantor BPN Depok yang saya hubungi adalah: +62 21 7709895. Bermodalkan informasi dari Google.com, saya mencari informasi tentang pemutihan SHGB ke SHM. Terlampir Alamat Lengkap BPN Depok melalui Google:
BPN Kota Depok 
Government Office · 5.8 km 
Address: Jl. Boulevard Kota Kembang, Sektor Anggrek, Jawa Barat 16413, Indonesia
Hours:
Open today · 8AM–5PM

Setelah menghubungi nomor tersebut dan memilih ekstensi bagian Pendaftaran Hak, saya mendapatkan informasi bahwa broadcast WA yang saya dapatkan ada sebagian benar dan ada juga tidak benarnya. Berikut Informasi yang akhirnya saya rangkum dan saya sebarkan kembali melalui Boradcast Message :

Aku udah tlp..
Jadi kt bapaknya, info itu ada bnr ada ngga nya..
Sbnrnya mnurut bapaknya istilah pemutihan itu ngga ada.. Proses pengurusan itu jg ngga ada batas waktu, bs diurus kapan aja selama masih jam kerja.
Tapi krn istilah pemutihan itu korelasinya sama biaya, akhirnya aku tanya.. Berapa kira2 biaya pengurusan peningkatan dr HGB ke SHM. Menurut bapaknya biayanya Insya Allah udah fix Rp 50.000 saja.

Tapi yg perlu dilihat adalah HGB yg dimiliki itu kapan? Kalau baru aja beli sebulan lalu tentu ngga perlu dicek, krn pasti udah dicek. Tapii.. Kalo HGB yg dimiliki adl waris dari orang tua, atau milik orang tua jaman duluu itu perlu di cek dl keaslian, masa berlaku dsb. Biaya pengecekan itu +-50.000 jadi biaya total +-100.000
Utk mengurus peningkatan HGB ke SHM, bisa langsung dtg ke kantor BPN Depok dengan bawa persyaratan:
1. Sertifikan asli
2. IMB
3. PBB terakhir (th 2016 udh keluar)
4. KTP pemilik hak (re: mungkin untuk jaga-jaga perlu juga dibawa KK)
5. Rekening listrik dan PAM (re: untuk yang menggunakan token, tidak perlu khawatir karena di PLN tetap tercatat
6. materai 6000 2 buah
Nanti disana beli map utk isi formulir. Nanti daftar ke bagian peningkatan hak.

Oh iya,, kata Bapaknya, selain Rp 50.000,- plus sabar, soalnya yang antri banyaak,,
 Demikian informasi yang saya dapatkan, semoga bermanfaat. Semoga berguna untuk semua yang masih ragu-ragu untuk mengurus SHGB ke SHM.

Makasih untuk yang sudah mampir,,

Ps: Kesan  saya yang sempat berpikir staf pemerintahan itu orangnya tidak bersahabat, kurang informatif terbantahkan. Bapaknya baik, sangat informatif dan sangat sabar dalam menjelaskan.


3 komentar:

  1. terimakasih sangat membantu buat yang berurusan dengan BPN, jika anda ingin lebih mengetahui tentang tindak ketidak abnormalan dalam disiplin antrian silahkan Klik disini

    BalasHapus