Dear Readers...

Dear Readers...
Sebelumnya makasih banyak-banyak buat semua yang udah sempetin mampir ke blog ini,, sebenernya entah apakah blog ini bisa berguna atau ngga buat teman-teman semua atau ngga,, soalnya yang saya tulis disini cuma sekedar apa-apa yang saya pikirin dan rasain,, :) Blog ini pun sebenarnya kelanjutan dari blog saya sebelumnya yang ini -- click >>> blog.

selamat membaca.. semoga berguna yaa,, ^_^ dan terima kasih..

Jumat, 20 April 2018

Pengikatan mulut rahim ke- 2


Hari ini 20 April 2018 aku kembali masuknke ruang operasj yang dingin itu. Hari Senin lalu, dokter kandunganku mengatakan bahwa aku harus segera malajukan operasi ikat mulut rahim (sherocard), lagi.. iya lagi.. krn tahun lalu akupun melalui rangkaian prosedur yang sama. Hari itu juga aku diminta utk melakukan cek darah agar besok bisa bertemu dgn dokter penyakit dalam dan mengatur jadwal operasi. "Harus segera" aku ingat dokter itu mengatakan. 


Memang dihasil usg terlihat rahimku sudah mulai sempit dan kecil, hasil usg nya berbeda dgn hasil 2 minggu lalu. Dokter khawatir bila ditunda lagi, usia kandunganku semakin besar dan tidak dapat dilakukan tindakan pengikatan lagi. Diperkirajan 


Hari Selasa, aku kembali ke RS utk mengambil hasil Lab darah dan melakukan EKG (rekam jantung). Setelah semua hasilnya keluar, dokter internist yang ternyata belum pulang hny karena menunggu ku akhirnya memeriksa dan menanyakan beberapa hal terkait persiapan pelaksanaan operasi. Pemeriksaan selesai, hasilnya Alhamdulillah kondisi ku cukup baik utk operasi. 


Saatnya pengaturan jadwal operasi. Singkat cerita tindakan dilakukan pada Junat 20 April 2018. Hari ini. Alhamdulillah tindakan sudah selesai dilaksanakan tadi pagi, dimulai sekitar pkl 7 pagi dan selesai kurang lebih dalam 30 menit. Sebelum tindakan, aku diminta utk puasa dari pkl 9 malam. Puasa total, termasuk tidak minum air putih. Lapaaar...


Pagi ini, pkl 3.30 para perawat sudah mulai berdatangan utk mempersiapkan turun ke kamar persiapan operasi. Rencananya mau pasang infus di kamar rawat, tapi setelah berusaha sekitar 15 menit, akhirnya oara suster emmyerah dan memilih utk menyerahkan pemasangan infus saya di ruang persiapan operasi. Penggantian baju operasi sudah dilakukan, kemudian aku turun ke lantai 2 menggunakan kursi roda.


Ternyata usaha memasang jarum infus ditanganku itu tidak semudah perkiraannnya. Total 4x tusuk jarum, yang berakhir ditusuk pada tangan kanan. Alhamdulillah akhirnyaa.. 


Rencana operasi yang dijadwalkan pkl 5.00 pagi akhirnya harus diundur karena ada pasien lain yang harus ditangani segera. 


Sekitar pkl 6.30 saya mulai disiapkan diruang operasi. Dipintu depan ruangan, tertulis OK2, entah apa artinya. Ruangan itu dingin, sangat dingin. Setelah diminta tiduran di kasur yang diatasnya ada lampu operasi yang ukurannya besar, alat oengukur tensi otomatis dipasang di lengan atas sebelah kiri. Terasa alat tersebut otomatis mengukur tensi tiap beberapa menit sekali, dan hasilnya langsung terlihat dilayar monitor sebelah kanan. Alhamdulillah tensinya normal.


Sambil menunggu tindakan anestesi, susterpun meminta saya agar agak maju ke depan agar kakinya bisa terpasang di sanggahan kaki. Kemudian saya jg masih ingat saat kaki saya mulai dibungkus agar tidak dingin katanya. Sebenarnya si perawat ada yang bilang agar tidak dingin, ada yang bilang agar steril. Yah apapun itu ikuti saja.


Sebenarnya suntikan anestesi sudah siap dari sejak alat tensi terpasang, namun sang dokter anestesi menunggu dokter kandunganku tiba agar tindakan anestesi dapat dilakukan persis sebelum tindakan operasi dilakukan "biar obat biusnya ngga make banyak" begitu kata dokternya saat itu.


Tak lama terlihat wajah dokter kandunganku yang sedang nempersiapkan diri, dan disusul dokter anestesi yang mulai menyuntikkan cairan berwarna putih susu melalui jarum infus. Tidak lama, mungkin hanya sekian detik kepalaku mulai melayang. Aku hanya ingat memulai membaca alfatihah dalam hati dan sudah tidak sadar sebelum surat tersebut selesai.


Terbangun saat sudah berada diruang pemulihan. Pukul 7.30 saat itu aku lihat jam dinding dikamar. Suster sempat mengatakan bahwa ternyata ada polip dan sudah diambil sekalian oleh dokter saat tindakan tadi. Aku hanya meng-iyakan dan kemudian istirahat kembali.


Pukul 9.15 saya dipersiapkan utk kembali ke kamar perawatan. Dengan kateter yang masih terpasang dan baru bisa dilepas besok pagi, dan masih dalam keadaan bedrest hingga saat ini.


23 komentar:

  1. Bagaimana Keadaannya bunda..aku baru menjalani sherocard Di Usia Kandungan 10 W...Di Opname Selama 3 Hari...Setelah di bolehkan pulang keesokan harinya ada darah keluar..boleh share pengalamannya bunda..?
    Ini Baru Pertama Aku Menjalani sherocard...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh maaf bunda,, comment nya baru terbaca oleh saya bun. Alhamdulillah saya kondisinya sehat wal afiat bun. Pada tindakan sherocard saya yang pertama, Alhamdulillah anak saya lahir dengan selamat diusia yang cukup bulan. Untuk tindakan sherocard kali ini juga tidak terlalu banyak bedanya bun, menurut dokter memang tindakan diperlukan utk menjaga supaya janin didalam kandungan saya tidak lahir prematur.

      Hapus
    2. Bun mau tny..apakah pd kehamilan pertama sempet besres?dan kehamilan kedua ini apakah bedrest lg?

      Hapus
  2. Terus bagaimana bun melepaskn jahitan ikat rahim itu?
    Di bius at gk?
    Trs dilakukan di ruang oprasi lg at gak??

    BalasHapus
  3. Terus bagaimana bun melepaskn jahitan ikat rahim itu?
    Di bius at gk?
    Trs dilakukan di ruang oprasi lg at gak??

    BalasHapus
  4. Bunda saya kl hamil jg di suruh ikat rahim. Saya 2x melahiran prematur .
    Berapa biaya nya bunda kl ikat dan lepas..

    BalasHapus
  5. Unknown skrg bisa pke BPJS bun.. Saya baru kmrn operasi ikat rahim krn dlu pernah lahiran prematur trs kmrn uk 19w perut mulai kram sma pinggul sakit jadi sma dokter disarankan untuk ikat rahim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bpjs itu termasuk KIS yg dr pemerintah ndak bu?? Rencnany sy mau ikut ic

      Hapus
    2. Setelah ikat rahim ..berapa lama kita bedres y bun...dan apakah boleh kita melakukan aktifitas kembali??

      Hapus
  6. Saya memiliki pengalaman pengikatan mulut rahim. Dan terpaksa dibuka dan melahirkan di usia kandungan ku 37 minggu. Alhamdulillah memakai BPJS gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum bun bagaimana perawatan setelah ikat mulut rahim, karena baru 1 minggu saya menjalani ikat mulut rahim, ,,dan dirawat 5 hari,setelah pulang kerumah, ,, keluar keputitahan berwarna kuning agak berbau,mis v juga agak nyeri kalau dibawa jalan, ,,mohon dibls bun,,, ,

      Hapus
  7. Assalamualaikum bunda berapa untuk biaya pengikatan mulut rahim bunda?

    BalasHapus
  8. Saya juga hamil prematur 2x di usia 23 minggu dan di sarankan jika hamil lagi untuk ikat rahim. Tpi saya takut bunda , itu nanti bedrest total atau gmn ya? Trs itu selama hamil gak akan kenapa" ya? Gak keluar flek kan ya?
    Nah skrg kondisi anakny bagaimana bund ?

    BalasHapus
  9. Gak sakit bun di ikat mulut rahim, aq di ikat mulut rahim, di usia 12w, dan skrng lg usia 23w, mudah2, lancar sampi lahir an bun,aq operasi gk bs di tanggung bpjs bun, biayax 12jt, insak allah uang bs di cer, yg penting selamat ank aq, gk lahir prematur bun

    BalasHapus
  10. Biaya ikat mulut rahim 12 bun, kmrn gk bs pki bpjs, krn gk di tanggung, gak sakit bun, aq kmrn di ikat mulut rahim 12w, skrng 22,mudah2 lancar smpi lahiran bun, uang bs di cari, yg ptng ank aq gk lahir prematur bun,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda diikat mulut rahim knpa bun? Panjang rahimnya brpa? Soalnya saya dr dokter bilangnya dicek mulut rahim cm bilng normal tp akan lebih aman kalo diiket, jd trserah saya mau diiket apa gak. Kan saya jd bngung bun sbnernya aman gak khmilan saya ini klo smkin besar

      Hapus
    2. Bun, wktu diikat mulut rahimny, nnti umr brp minggu d buka ny? & Brarti d operasi lg atw nnti pas lahirn sklian?

      Hapus
    3. Selama dr ikat rahim sampai usia kehamilan sekarang ada keluhan gk bund? Dankontrolnya perbulan atau perminggu

      Hapus
  11. Saya juga kemarin hamil 16minggu penindakan jahit ikat rahim, sekarang 17minggu 6 hari, tiap hari keputihan kekuning-kuningan saya sempat was² tp setelah lihat digoogle ada banyk pengalaman ibu hamil dg kasus sprt saya dan perawatan setelah ikat rahim saya jadi tenang, trnyata mmg efek dr ikat rahim itu menimbulkan keputihan, semoga ya dengan pengalaman ini anakku bisa lahir normal sesuai umurnya. Amiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kehamilan yg keberapa bun?

      Hapus
    2. Bun mau nanya, keputihan kekuning2an itu cair, lendir atau bgaimana ya? Krn saya jg br 3 hr ini ada tindakan ikat rahim.

      Hapus
    3. Klo sy lendir kekuningan, skrng gmn keadaan bundanya? Berapausia kehamilan saat ini

      Hapus
  12. Sy thn 2019 ikat rahim saat usia kehamilan 23 mgg tetapi sudah ada bukaan dan kontraksi, selang2 minggu bayi sy lahir dengan berat 900 gram dan bertahan hanya 5 hr di nicu. Dansekarang sy baru saya pulang dr ikat rahim anak yg k3 diusia 22 mgg dikarnakan panjanh mulut rahim semakin memmendek dah ada flek,, minta doanya ya bund semoga berhasil sampai 37 mgg atau ckup bulan dan lahir bb dedek normal dan tidak ada kendala dalam selama proses kehamilan... Thnks

    BalasHapus