Dear Readers...

Dear Readers...
Sebelumnya makasih banyak-banyak buat semua yang udah sempetin mampir ke blog ini,, sebenernya entah apakah blog ini bisa berguna atau ngga buat teman-teman semua atau ngga,, soalnya yang saya tulis disini cuma sekedar apa-apa yang saya pikirin dan rasain,, :) Blog ini pun sebenarnya kelanjutan dari blog saya sebelumnya yang ini -- click >>> blog.

selamat membaca.. semoga berguna yaa,, ^_^ dan terima kasih..

Senin, 22 Oktober 2018

Cerita tentang kehamilan pertama

Iyaaaa.. aku nih yaa..cerita.. tapi emang agak panjaaaang.. hahahahhaa.. jangan bosen yaaaa..


Jadi gini.. dulu abis nikah taun 2014 kan tuuu.. kan aku ngga nunda tuh Alhamdulillah aku jg hamil bbrp bulan setelah nikah.. taun 2015 awal kalo ga salah aku hamil..seinget aku antara januari atau februari 2015.


Aku periksain kandungan biasa.. ke RS Harapan kita waktu itu.. sama dokter Gatot.. dokter kandungan yg  favorit bgt kyknya disana, soalnya tiap aku ksana ramenya pakek banget.. banget.. aku sampe sana jam 8, biasanya br masuk diatas jam 12 siang..


Waktu itu aku br kontrol bbrp kali.. kontrol pertama disuruh balik lg 2 minggu lg.. nah pas kontrol selanjutnya badan aku udh kurang enak tuh.. badan aku kayak demam2 gitu deh..tp aku ngga ngomong sm dokter kandungan.. ya aku sepelein aja..org cm demam.. sama dokter kandungan kan ngga tau ya kl aku sakit.. ya biasa aja.. akhirnya 2 minggu lg aku disuruh balik lg..waktu itu kandungan aku 7w


Dan bener aja.. pulang dr situ, aku ambruk.. panas tinggi.. badan aku panas.. sampe 39 -40°c, aku ga berani minum obat.. lan lg hamil soalnya.. trs tambah aku batuk..


Tp kan aku mikirnya br dr dokter.. suami aku jg bilang.. 

'udah 2 minggu lg aja ksana skalian kontrol' 


2 mingguan lah itu aku panas, demam, batuk dll


Sampe saatnya aku kontrol, badan aku udh agak mendingan tuh...mestinya kan kandungan aku 9w dong yaaa.. 


Tp pas kontrol udh lama nunggu, taunya dokter bilang kalo kandungan aku ga berkembang, jadi mestinya usia kandungan udh 9w tapi ukuran janin ngga nbah dr minggu lalu.. masih 7w..


Rasanyaa kayak apa tauuu...


Padahal 2 minggu lalu nudh ada denyut jantungnya.  Tp 2 minggu kemudian denyut jantungnya ada tapi lemaaah bgt.. dan saat itu dokter cuma bilang kalo keputusannya harus dikuret. 


Kita tanya alesannya, dia bilang karena ngga berkembang, dan kasus kyk gt biasanya krn memang kromosom atau gen nya ngga bagus.. jd lain kali kalo mau hamil lg harus di sehatin dl pola hidupnya..


Rasanyaaa.. ampuunn.. padahal cm selisih 2 minggu.. 


---- 

Akhirnya plg dari sana aku langsung telepon bos aku jaman dulu, kebetulan beliau dokter kandungan udah guru besar di UI.. pas diperjalanan pulang aku telepon, beliau bilang


'jangan dikuret dulu, anda kesaya dulu hari senin nesok. Sementara anda minjm air gula dulu yg banyak, sirup atau apa pokoknya air gula yg banyak"


Aku turutinlah itu.. hari senin aku ke prakteknya.. di RSIA Budhi Jaya Saharjo, Tebet. 


Saat disana beliau minta aku utk usg 3d atau 4d gitu, supaya lebih jelas mastiin apa kondisi janinnya mdh bs diselametin atau ngga.. krn kalau masih bisa, katanya aku harus rawat inap dan diinfus glukosa tinggi. Tapi beliau mnt aku utk periksa dulu usg.


Setelah di USG lebih detail TransVaginal waktu itu, akhirnya aku bener2 baru bisa menerima alasan kandungan aku akhirnya harus dikuret.


Dokter USG nya ngejelasin kalau janin aku masih ada (re: hidup), tapi memang kondisinya agak sulit utk dipertahankan krn ternyata plasentanya udah sebagian besar lepas dari dinding rahim.


Jadi waktu di USG itu keliatan plasenta2 yang msh blum lepas dan msh ada aliran darahnya itu kurang dari 50%, sisanya sebagian besar udh pada lepas.


Dan dalam kondisi ini sebenernya janin bisa aja dipertahankan krn sel nya masih sederhana, tapi.... Dokter ngejelasin kalau dalam kondisi begini tentu aja asupan makanan yang akan masuk kedalam janin tentu aja ngga akan optimal. Intinya kalau plasentanya udh lepas dan ngga bisa ngalirin darah, nnt bayinya mau makan dari mana.. trs nnt berkembangnya gimana.. nanti perkembangannya apa akan bagus..


Disitu aku mikir, kalau aku pertahanin janin aku saat itu, bukankah aku yg egois.? Nanti kalau dia pas umur 4 - 5 bulan ternyata amit2 kurang sempurna krn keputusan aku gmn..


Akhirnya krn mikir itu, aku  mutusin utk nyetujuin tindakan kuret anak pertama aku di usia kandungan 9w. 

Dan tindakan kuret aku lakuin di RSIA Budhi Jaya, bukan di RS Harapan Kita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar